Rabu, 18 Juli 2018 – 14:04 WIB

Siapkan Tempat Pengolahan Limbah Rumah Sakit

Jumat, 13 Juli 2018 – 22:07 WIB
Siapkan Tempat Pengolahan Limbah Rumah Sakit - JPNN.COM

Limbah rumah sakit yang disita polisi. Foto: JPG/PojokPitu

jpnn.com, JAKARTA - Pemkot Surabaya sedang berencana membangun tempat pengolahan limbah khusus rumah sakit. Lahan yang diincar untuk menumpuk sampah semacam bekas kantong infus, suntik, dan handscoon berada di Osowilangun.

Tepatnya sebelah utara Kantor Kelurahan Osowilangun. Selama ini, limbah RS dibuang ke luar kota.

Begitulah yang diungkapkan Lurah Osowilangun Agus Edi Purnomo. Dia mengaku sempat diajak rapat koordinasi dengan dinas terkait di pemkot. Yang dia tahu, pembangunan TPA akan dimulai tahun ini.

Namun, tepatnya kapan, dia belum mendapat kepastian. Hingga kini, dia belum mendapat kabar terbaru dari rencana tersebut.

Menurut Agus, lokasi yang dipilih jauh dari area permukiman. Ditambah lagi, tanah tersebut merupakan aset pemkot.

Dari pemaparan dalam rapat koordinasi itu diketahui, metode yang diterapkan adalah pembakaran. Nanti hasil pembakaran itu dimanfaatkan untuk menjadi produk baru. ''Tapi, saya gak tau nanti jadi produk apa,'' ujarnya.

Terkait dengan rencana itu, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) serta dinas lingkungan hidup (DLH) sudah melakukan survei lokasi. ''Survei itu dilakukan beberapa bulan kemarin,'' terangnya.

Jika rencana itu memang benar dilakukan, Agus ingin kantor kelurahan bisa direlokasi. Sebab, lahan yang disurvei termasuk tanah tempat kantornya berdiri.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar