Siapkan USD 2 Miliar, Murdoch Incar TV Kabel Terbesar di Australia

Siapkan USD 2 Miliar, Murdoch Incar TV Kabel Terbesar di Australia
Siapkan USD 2 Miliar, Murdoch Incar TV Kabel Terbesar di Australia
CANBERRA - Raksasa media News Corp (NWS) mengajukan penawaran sebesar USD 2 miliar untuk membeli saham jaringan televisi berbayar terbesar Australia, Foxtel. Namun di sisi lain, langkah bisnis perusahaan media milik Rupert Murdoch itu  juga bakal melakukan rasionalisasi bisnis media cetaknya agar lebih fokus pada layanan jaringan televisi berbayar yang dianggap lebih menguntungkan.

Dikabarkan Bloomberg (20/6), NWS telah berupaya mendapatkan laporan konsolidasi Media Holdings Ltd dalam rangka meningkatkan kepemilikan saham di Foxtel sampai 50 persen. Sementara divisi media NWS berencana memangkas lebih dari 70 persen karyawannya dan memperluas bisnis media online.

Langkah ini dilakukan dua hari setelah Fairfax Media Ltd. mengumumkan rencana rasionalisasi 1.900 karyawannya. Murdoch yang memulai imperium bisnis global dengan sebuah koran di Australia, bakal mengulangi langkah bisnisnya di Inggris dan AS. Di kedua negara itu Murdoch memiliki TV berbayar yang tumbuh melampaui divisi media cetak. "Tidak ada keraguan bahwa media cetak menurun secara struktural," kata Prasad Patkar, pengamat Platypus Asset Manajemen Pty di Sydney.

Langkah bisnis itu akan menjadikan Murdoch memiliki kendali penuh  atas jaringan Fox Sports di Australia yang memiliki hak siar atas permainan paling populer di benua tersebut, yakni Australian Football League dan National Rugby League. Pasalnya, Foxtel akan mendominasi liputan olahraga di Australia dalam 10 tahun mendatang.

CANBERRA - Raksasa media News Corp (NWS) mengajukan penawaran sebesar USD 2 miliar untuk membeli saham jaringan televisi berbayar terbesar Australia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News