Sidak ke Gudang, Dirut PLN Pastikan Sistem Digital Rantai Pasok Kelistrikan Makin Optimal

Sidak ke Gudang, Dirut PLN Pastikan Sistem Digital Rantai Pasok Kelistrikan Makin Optimal
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambangi Gudang Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cikarang Kota dan Gudang Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi pada Kamis (7/4). Foto dok PLN

jpnn.com, BEKASI - Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambangi Gudang Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cikarang Kota dan Gudang Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi pada Kamis (7/4), untuk memastikan sistem digitalisasi rantai pasok material kelistrikan telah berjalan optimal di lapangan.

Langkah ini juga dilakukan PLN dalam menyempurnakan sistem digital rantai pasok material kelistrikan terpadu, demi meningkatkan kecepatan dan ketepatan layanan kepada pelanggan.

"Kedatangan kami bukan ingin sidak, sebenarnya ingin kangen-kangenan dengan tim di unit, sekaligus bagaimana upaya kami bisa meningkatkan pelayanan dan memperbaiki proses bisnisnya. Dari yang kami lihat, memang butuh perbaikan untuk tata kelola rantai pasok material kelistrikan ini. Dari tata kelolanya, kami harus membangun sistem informasi manajemen,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, digitalisasi rantai pasok material kelistrikan sangat penting bagi PLN, sebab jumlah material yang dikelola di gudang-gudang sangat banyak dan bervariasi, sehingga mustahil bisa dilakukan pengelolaan dengan baik jika dilakukan secara manual.

"PLN memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan pelayanan prima kepada lebih dari 82 juta pelanggan. Diperlukan sistem informasi rantai pasok material kelistrikan yang terpadu agar setiap permintaan pelanggan, mulai dari keluhan, penyambungan baru, hingga tambah daya dapat dilayani dengan cepat," ungkap dia.

Dalam kunjungan tersebut, Darmawan menemukan ketersediaan material sudah memadai dan sistem digital telah diterapkan masih perlu perbaikan di berbagai aspek.

Pergerakan material mulai dari diterima oleh Unit Induk dari Pabrikan, didistribusikan ke UP3, ULP, hingga ke petugas di lapangan telah menggunakan Aplikasi Gudang Online dan  SAP.

Namun, Darmawan menilai perlu ada perbaikan dari sisi material Fast Moving karena ditemukan adanya disparitas antara jumlah stok yang ada di aplikasi dengan jumlah stok real di dalam gudang.

PLN melakukan penyempurnaan sistem digital rantai pasok material kelistrikan terpadu demi meningkatkan kecepatan dan ketepatan layanan kepada pelanggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News