Sidang AIPA Dibuka Jokowi, Putu Rudana BKSAP Beberkan Isu Penting Ini

Sidang AIPA Dibuka Jokowi, Putu Rudana BKSAP Beberkan Isu Penting Ini
Ketua Desk Kerja sama Regional BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana bersama peserta sidang AIPA yang dibuka Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (7/8/2023). Foto: BKSAP DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (7/8).

Peresmian pembukaan Sidang AIPA dilakukan Presiden Jokowi didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman.

"Dengan mengucap Bismillah, Sidang Umum ke-44 AIPA secara resmi saya buka,” kata Jokowi.

Sidang AIPA kali ini mengusung tema ‘Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN’ atau ‘Parlemen yang responsif untuk ASEAN yang stabil dan sejahtera'.

Ketua Desk Kerja sama Regional BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan sidang umum AIPA secara politik akan mendorong stabilitas kawasan ASEAN agar terus terjaga perdamaian dan kedamaiannya.

Putu juga menyampaikan bahwa negara-negara ASEAN harus mampu secara mandiri mengawal berbagai permasalahan atau tantangan di kawasan untuk menjaga stabilitas politik, keamanan, dan mweujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Karena, ASEAN ini merupakan kawasan yang sangat strategis ke depan, dan memang kawasan yang banyak dilirik karena mempunyai data tarik yang besar,” ucapnya.

Selain itu, dia menyebut sidang AIPA juga akan membahas isu penanganan demokrasi di Myanmar, merealisasikan SDG'S, dan upaya mewujudkan ekonomi hijau. Pembahasan sejumlah isu tersebut melibatkan parlemen perempuan dan parlemen muda AIPA.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana sampaikan sejumlah isu penting dibahas dalam sidang AIPA yang dibuka oleh Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News