Sihar Sitorus Gelar Diskusi Publik Terkait Implementasi QRIS Bareng BI

Sihar Sitorus Gelar Diskusi Publik Terkait Implementasi QRIS Bareng BI
Anggota Komisi XI DPR Sihar Sitorus (tengah) di acara implementasi QRIS di sejumlah kabupaten di wilayah Sumatera Utara bersama Bank Indonesia. Foto: DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Sihar Sitorus, menggelar diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) terkait implementasi QRIS di sejumlah kabupaten di wilayah Sumatera Utara bersama Bank Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan secaramaraton tersebut berlangsung sejak tanggal 2 hingga 4 Mei 2023 di Padang Lawas, Pdang Lawas Utara sertaPadang Sidimpuan.

FGD dan diskusi publik tersebut bertujuan untukmempercepat adopsi penggunaan QRIS pada UMKM dan pelaku pariwisata di daerah menuju masyarakat non tunai.Menurut Sihar, kemudahan transaksi dengan QRIS ini akan membantu para pelaku usaha kecil.

“QRIS ini transaksinya realtime, jadi sangat memudahkanmsyarakat dan pengusaha kecil dalam bertransaksi. Para pengusaha juga tidak perlu repot-repot menyiapkan uang kembalian tiap ada pembelian, jadi semuanya serbapraktis dan cepat.” Jelas Sihar.

Lebih jauh Sihar menjelaskan, dengan menggunakanQRIS, semua transaksi otomatis telah tercatat, sehingga para pelaku usaha kecil tidak perlu repot-repot lagi melakukan pencatatan penjualan.

Mengingat banyaknya keuntungan penggunaan QRIS bagi pelaku usaha kecil, Sihar berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi penggunaan QRIS kepada masyarakat dengan menggandeng Bank Indonesia selaku otoritas yang menginisiasi QRIS.

Keuntungan-keuntungan yang didapat pelaku usaha kecil ketika menggunakan QRIS antara lain, mencegah kerugian akibat uang palsu yang didapat dari pembeli, meningkatkan penjualan, meningkatkan branding usaha, praktis dan tercatat.

Sedangkan dari sisi masyarakat juga menguntungkan, karena tidak perlu repot membawa banyak uang tunai, mudah dalam proses transaksi serta terjamin keamanannya oleh otoritas terkait 

Anggota Komisi XI DPR RI Sihar Sitorus, menggelar diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) terkait implementasi QRIS di Sumut bersama Bank Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News