Sikap PAN Tegas soal Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Sikap PAN Tegas soal Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024
Ketum PAN Zulkifli Hasan soal sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024. Foto: Tim Birukan Langit Indonesia.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (Ketum PAN) Zulkifli Hasan menyatakan penolakan partainya terhadap sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024.

"PAN menolak keras wacana pemilu sistem proporsional tertutup karena telah diuji Mahkamah Konstitusi pada tahun 2008," ucap Zulhas -sapaan Zulkifli Hasan di Jakarta, Minggu (8/1).

Dia mengatakan sistem proporsional terbuka sesuai putusan MK telah dilaksanakan pada pemilu tahun 2009, 2014, dan 2019. Pelaksanaannya pun berjalan.

Mantan ketua MPR RI itu justru menilai penerapan sistem proporsional tertutup pada pemilu ke depan merupakan kemunduran dalam upaya penyelenggaraan pesta demokrasi yang makin baik.

"Demokrasi kita sudah lima kali pemilu, semestinya makin hari semakin membaik, bukan mundur lagi dan tahapan-tahapan pemilu sudah berjalan," jelasnya.

Penolakan PAN terhadap sistem proporsional tertutup sejalan dengan tujuh partai politik yang ada di parlemen, yakni Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PPP, Partai NasDem, PKS, dan Gerindra.

Zulhas juga menyampaikan terima kasih kepada Partai Golkar yang telah mengambil inisiatif menggelar pertemuan delapan pimpinan partai politik untuk menyatakan sikap bersama terkait sistem proporsional tertutup dalam pemilu.

"Alhamdulillah, delapan partai setuju dengan sistem pemilu terbuka dan menolak sistem tertutup," ujarnya.(antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Sikap Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas tegas terkait kemungkinan penerapan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News