JPNN.com

Sikapi Harbolnas dengan 3 Tips Berikut

Senin, 10 Desember 2018 – 22:29 WIB Sikapi Harbolnas dengan 3 Tips Berikut - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan pesta belanja online yang akan hadir pada 11-12 Desember besok. Berbagai platform e-Commerce berlomba-lomba memberikan potongan harga dalam bentuk voucher, dan diskon untuk produk tertentu.

Gegap gempita promosi dari pelaku e-commerce serta animo yang sangat besar dari masyarakat diiringi peningkatan signifikan transaksi tiap tahunnya memperlihatkan besarnya kemungkinan konsumen berperilaku konsumtif. Perilaku yang sangat mungkin timbul jika konsumen tidak memiliki pemahaman akan literasi keuangan yang baik.

Menurut Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, terkadang masyarakat berpikir Harbolnas adalah kesempatan sekali dalam setahun yang harus dimanfaatkan sebanyak mungkin demi memperoleh penawaran terbaik.

"Tidak semua pembelian ini akan berujung pada sebuah keputusan yang cerdas dan tepat, terutama apabila kesehatan keuangan masing-masing tidak ditinjau secara menyeluruh," kata Johanna seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/12).

Grant Thornton Indonesia membagikan 3 tips utama untuk berbelanja cerdas saat Harbolnas agar tidak terseret ke pusaran hutang:

Cek kondisi keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan kembali apakah Anda masih memiliki hutang dari pembelanjaan sebelumnya baik melalui kartu kredit ataupun institusi keuangan digital yang belakangan cukup gencar berpromosi.

Usahakan melihat hingga 6 bulan kedepan apakah Anda akan memiliki pengeluaran yang besar seperti pembayaran premi Asuransi yang jatuh tempo hingga uang sekolah anak, pastikan Anda memiliki alokasi dana yang cukup untuk membayar tagihan tersebut.

Tetapkan anggaran belanja

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...