Silakan Dicoba, ini 5 Obat Kolesterol dari Bahan Alami

Silakan Dicoba, ini 5 Obat Kolesterol dari Bahan Alami
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi mereka yang malas bergerak biasanya mudah mengalami kenaikan kadar kolesterol. Sebagian orang lalu mencari obat alami untuk kolesterol tinggi ketika mengalami kondisi tersebut.

Selain dengan mengonsumsi obat, Anda bisa mengobati kadar kolesterol yang tinggi dengan cara alami melalui beberapa bahan dan kandungan berikut ini:

1. Niasin
Niasin adalah jenis vitamin B yang biasanya disarankan penggunaannya oleh dokter pada pasien dengan kolesterol tinggi atau masalah jantung. Hal ini bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi trigliserida, beserta lemak lain yang dapat menyumbat arteri.

Anda dapat mengonsumsi niasin dalam makanan, terutama hati dan ayam, atau sebagai suplemen pendamping. Asupan niasin yang direkomendasikan dalam satu hari adalah 14 miligram untuk wanita dan 16 miligram untuk pria. 

Tapi ingat, hindari minum suplemen kecuali dokter Anda menganjurkannya. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan efek samping seperti kulit gatal dan memerah hingga mual.

2. Soluble fiber (serat larut air)
Ada dua jenis serat, yakni serat yang larut menjadi gel dalam cairan dan yang tidak larut. Serat larut menurunkan penyerapan kolesterol dalam aliran darah Anda. Berita baiknya, jika Anda berjuang dengan kolesterol yang cukup tinggi, makanan berikut dapat Anda nikmati karena mengandung serat larut air: 

  • Jeruk: 1,8 gram pir: 1,1 - 1,5 gram
  • Persik: 1,0 - 1,3 gram
  • Asparagus (1/2 gelas): 1,7 gram
  • Kentang: 1,1 gram
  • Roti gandum utuh (1 iris): 0,5 gram
  • Oatmeal (1 1/2 gelas): 2,8 gram
  • Kacang merah (sekitar 3/4 gelas): 2,6 - 3 gram

3. Fitosterol
Fitosterol adalah senyawa menyerupai lilin yang berasal dari tumbuhan. Senyawa yang berasal dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran ini dapat mencegah usus menyerap kolesterol.

Beberapa produsen makanan sudah mulai menambahkan fitosterol pada makanan siap saji, seperti margarin dan yoghurt. Hal ini sangat menguntungkan.

Jika kadar koleseterol dalam tubuh Anda meningkat, mengonsumsi obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi memang bisa jadi pilihan. Beberapa jenisnya sudah dijelaskan di atas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News