SIM untuk Nama Superpanjang

SIM untuk Nama Superpanjang
Foto: Daily Mail

JANICE Lokelani K., warga Hawaii, boleh lega. Sebab, nama panjangnya bisa tampil full di surat izin mengemudi (SIM) resmi Hawaii.
Sebelumnya, nama lengkap Janice serasa mustahil tertulis di SIM. Sebab, nama panjang tersebut memang sangat puuannjangg... Ya, nama belakang Janice adalah Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele. Cara membacanya: KAY'-ee-hah-nah-EE'-coo-COW'-ah-KAH'-hee-HOO'-lee-heh-eh-KAH'-how-NAH-eh-leh. Capek, bukan?

''Kini di Hawaii, kami bukan lagi warga kelas dua karena nama kami yang sangat panjang,'' kata Janice, perempuan 54 tahun tersebut. Perjuangan Janice untuk bisa menampilkan namanya di SIM dan identitas lainnya sangat panjang. Sepanjang namanya. Sebab, ada aturan pembatasan jumlah karakter (huruf) yang bisa ditampilkan di kartu identitas.

Dulu, panjang maksimal nama lengkap adalah 35 karakter, depan sampai belakang.  Sekarang aturan itu kian longgar. Nama depan boleh punya 40 karakter. Nama tengah 35 karakter, dan nama belakang 40 karakter.

Kalau nama orang semakin panjang, bisa jadi aturan itu juga dilonggarkan lagi. Misalnya, nama boleh sepanjang 5 alinea... (AP/c15/dos)


Berita Selanjutnya:
Saat Mati, Ingin Tato Abadi

JANICE Lokelani K., warga Hawaii, boleh lega. Sebab, nama panjangnya bisa tampil full di surat izin mengemudi (SIM) resmi Hawaii. Sebelumnya, nama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News