Simak 3 Tips Penting dari Guru Besar Paru UI Saat Menjalani Isolasi Mandiri

Simak 3 Tips Penting dari Guru Besar Paru UI Saat Menjalani Isolasi Mandiri
Kawasan Jalan Gatot Subroto VI L, Dusun Terunasari, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar ditutup mulai Kamis 1 Juli 2021 pukul 07.00 Wita hingga 5 Juli 2021, karena ada puluhan warga yang menjalani Isolasi Mandiri setelah terpapar COVID-19. ((Antara News Bali/Nyoman Hendra/2021))

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama menyampaikan tiga tips penting bagi para pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pertama, kebutuhan sehari-hari menurut mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara 2018-2020 itu, penting terpenuhi.

Yakni, makan dan minum, istirahat cukup, ruang isolasi yang layak dengan ventilasi baik, pakaian dan tempat tidur yang memadai.

Kemudian, terjaminnya keamanan seperti tidak ada risiko arus pendek listrik di kamar atau tergelincir di kamar mandi karena tidak dibersihkan rutin.

Hal berikutnya, dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga, kerabat hingga tetangga.

Pasien juga sebaiknya menginformasikan pada pihak RT/RW sedang melakukan isolasi mandiri, agar bisa mendapatkan bantuan jika memerlukannya.

Pada kasus isolasi mandiri yang melibatkan satu keluarga, dukungan mulai dari moral hingga penyediaan pangan dan obat-obat dari RT/RW sangat diperlukan.

Kedua, aspek kesehatan yang meliputi empat hal yakni obat-obatan baik untuk COVID-19 maupun untuk penyakit penyerta yang mungkin ada dan sudah rutin dikonsumsi.

Guru Besar Paru dari Universitas Indonesia berbagi tiga tips penting saat menjalani isolasi mandiri di rumah

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News