Simak Catatan Bamsoet Terkait Kripto, Pajak, Kepastian Hukum, dan Konsumen

Simak Catatan Bamsoet Terkait Kripto, Pajak, Kepastian Hukum, dan Konsumen
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan catatan soal perkembangan kripto di Indonesia, potensi pajak, kepastian hukum, dan pelindungan bagi konsumen. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan, kripto mempercepat transformasi ekonomi digital di tingkat lokal dan global.

Pertumbuhan Kripto di Indonesia masif dengan ditandai lonjakan jumlah investor dan nilai transaksi.

Jika mekanisme pasar kripto dalam negeri dipayungi ekosistem yang kredibel, negara otomatis diuntungkan karena memiliki tambahan sumber penerimaan pajak.

''Karena itu, pemerintah perlu merespons kepastian hukum atas tingginya minat masyarkat pada pasar aset kripto di dalam negeri,'' ucap ketua umum IMI tersebut.

Ketua ke-20 DPR ini menyatakan, pemerintah menjadikan pertumbuhan masif pasar kripto dalam negeri sebagai momentum percepatan transformasi ekonomi digital.

''Semuanya dimulai dengan membangun ekosistem perdagangan baru yang meliputi edukasi, mekanisme yang lebih baik, penguatan perlindungan konsumen dan investor, pembentukan para profesi penunjang yang kapabel dan tepercaya, hingga perluasan potensi penerimaan pajak,'' ujarnya.

Bamsoet menjelaskan, dalam konteks itu, kecepatan sebagian masyarakat beradaptasi dengan transformasi itu patut diacungi jempol.

Akhir-akhir ini, perdagangan kripto di dalam negeri terus bertumbuh.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah menjadikan pertumbuhan masif pasar kripto dalam negeri sebagai momentum percepatan transformasi ekonomi digital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News