Simak, Harapan Romo Benny Kepada Calon Diplomat RI

Simak, Harapan Romo Benny Kepada Calon Diplomat RI
Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo pada acara Pembekalan Diplomat RI dengan topik ‘Nilai-Nilai Luhur Pancasila dalam Kepemimpinan Pelaksanaan Politik’ pada Selasa (28/9). Foto: Tangkapan Layar

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan para diplomat wajib mengerti kualitas dan potensi yang dimiliki negara Indonesia sebelum bergerak menuju mancanegara. Pasalnya, diplomat sebagai duta dan wajah negara dalam kancah pergaulan dunia.

Hal ini disampaikan Romo Benny pada acara Pembekalan Diplomat RI dengan topik “Nilai-Nilai Luhur Pancasila dalam Kepemimpinan Pelaksanaan Politik" pada Selasa (28/9).

Benny menyatakan Negara Republik Indonesia memiliki banyak potensi termasuk letaknya sangat strategis.

Menurut Benny, Indonesia memegang peran penting secara geopolitik. Indonesia juga memiliki biodiversity terbesar di dunia.

“Jumlah penduduk yang besar dan beragam membuat Indonesia menjadi target dan sasaran dunia, baik yang menginginkan sumber daya alam, menjadikan target pasar dan penjualan komoditas, hingga sebagai mangsa empuk ideologi-ideologi transnasional yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Benny.

Benny berpendapat diplomat sebagai perwakilan dan wajah Indonesia mengemban banyak tugas, selain memperkenalkan Indonesia secara benar kepada masyarakat mancanegara yang belum mengenal Indonesia, para diplomat juga harus mampu menjangkau kaum diaspora Indonesia yang banyak tersebar di wilayah negara asing.

Menurut Benny, diaspora Indonesia merupakan komponen penting dalam pembangunan Indonesia dan tidak bisa hanya dipandang sebagai pahlawan devisa saja. Potensi yang beragam yang dimiliki oleh Diaspora Indonesia ini hendaknya dapat dikelola lebih dalam oleh para diplomat Indonesia agar semua potensi itu tidak hilang dan dimanfaatkan negara asing.

“Diaspora Indonesia yang memiliki talenta dapat didharmabaktikan pada tanah air tumpah darah mereka Indonesia," ujar Benny.

Para calon diplomat RI wajib mengerti kualitas dan potensi yang dimiliki negara Indonesia sebelum bergerak menuju mancanegara.