Simak, Ini Pesan Penting untuk Reuni Akbar Alumni 212

Simak, Ini Pesan Penting untuk Reuni Akbar Alumni 212
Jazuli Juwaini. Foto: ist. for Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini mengapresiasi antusiasme masyarakat umat Islam mengikuti Reuni Akbar Alumni 212 yang diisi dengan zikir, doa dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12).

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan ini merupakan hak setiap warga negara di alam demokrasi untuk berkumpul dan mengemukakan pendapat di muka umum. Apalagi, acara dikemas secara positif dengan doa serta zikir bersama dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggangu ketertiban umum.

Dia menjelaskan kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum dijamin pasal 28E ayat 3 UUD 1945 dan merupakan bagian dari hak asasi manusia. "Semua pihak sebaiknya melihat dengan kacamata positif dan konstruktif acara Reuni 212 sebagai aktualisasi semangat ukhuwah dan silaturahmi kebangsaan di kalangan umat Islam," kata Jazuli, Jumat (1/12).

Jazuli berharap sebagai bagian dari umat dan bangsa Indonesia, energi umat yang dahsyat ini diarahkan untuk kemaslahatan dan kebaikan bangsa Indonesia. Jazuli pun menitip pesan kepada penyelenggara reuni.

Pertama, selalu hadirkan semangat visi dakwah Islam yang rahmatan lil alamin dan terbarkan kedamaian bagi bangsa Indonesia yang dicintai bersama.

Kedua, kokohkan kesadaran dan tanggung jawab untuk menjaga NKRI milik semua. "Tanggung jawab yang muncul dari kesadaran sejarah dan kehendak untuk memajukan Indonesia," ujarnya.

Ketiga, tingkatkan kecerdasan literasi umat dalam persoalan-persoalan kebangsaan. Jangan mudah termakan hasutan dan hoaks yang memecah belah persatuan bangsa.

Keempat, tingkatkan upaya pemberdayaan ekonomi umat sehingga semakin mandiri dan menjadi bagian solusi dari permasalahan bangsa secara keseluruhan.

Anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini mengatakan dalam demokrasi kegiatan untuk berkumpul dan mengemukakan pendapat di muka umum adalah hak setiap warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News