Simak! Ketum Apindo Bicara soal Isu Tenaga Kerja Asing

Simak! Ketum Apindo Bicara soal Isu Tenaga Kerja Asing
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia tidak dianggap sebagai ancaman serius oleh pengusaha.

Mereka menilai isu serbuan TKA asal Tiongkok itu terlalu dibesar-besarkan di media sosial dengan data yang asal-asalan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani menuturkan agak jengkel dengan hembusan isu TKA yang katanya ribuan bahkan jutaan.

Dia menuturkan selama ini sangat sulit mempekerjakan warga asing lantaran peraturan yang begitu ketat. Maka, menurut dia, tidak masuk akal kalau sampai ada serbuan TKA ke Indonesia.

”Tenaga kerja asing itu lebih mahal. Buat apa memperkerjakan yang lebih mahal kalau kualitasnya sama dengan yang ada disini,” ujar dia kemarin (26/12).

Selain itu untuk perpanjangan izin kerja juga punya prosedur panjang. ”Perpanjangan dibatasi, tidak gampang,” tegas dia.

Dia menuturkan biasanya mempekerjakan tenaga kerja asing bila perusahaan tersebut join ventura atau perusahaan patungan dengan luar negeri.

Sehingga mau tidak mau harus melibatkan orang asing. ”Kalau kita lihat statistik expert dari luar negeri yang bekerja di Indonesia itu juga turun,” imbuh dia.

JPNN.com - Kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia tidak dianggap sebagai ancaman serius oleh pengusaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News