Simak Sejumlah Usulan Kang Emil Agar Vaksinasi Covid-19 Optimal

Simak Sejumlah Usulan Kang Emil Agar Vaksinasi Covid-19 Optimal
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat mendistribusikan vaksin COVID-19 rata-rata 15 juta dosis setiap bulan, sehingga kekebalan komunal atau herd immunity di wilayahnya terealisasi akhir tahun ini.

"Kami per bulannya membutuhkan 15 juta dosis sampai Desember 2021. Total 76 juta dosis untuk 37 juta sasaran bisa dilaksanakan," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil mengungkap hal tersebut saat menghadiri video conference Audit Stok Vaksin Opname Vaksin COVID-19 bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (10/8).

Selain itu, Kang Emil mengusulkan beberapa hal. Usulan itu bertujuan agar pelaksanaan dan pendataan vaksinasi COVID-19 berjalan optimal. Usulan pertama mengenai data vaksin COVID-19 yang didistribusikan oleh pemerintah pusat.

Pada prinsipnya Pemprov Jabar mengapresiasi semua pihak yang membantu dengan berinisiatif menggelar sentra-sentra vaksin di kabupaten/kota.

Namun, datanya perlu lebih dirapikan agar kelompok sasaran tercatat di provinsi.

Gubernur meminta agar data dari sentra-sentra vaksin yang digelar atas inisiatif stakeholders agar dilaporkan juga oleh panitia atau lembaga inisiator melalui aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik).

SMILE merupakan aplikasi terintegrasi yang digunakan untuk memantau secara real time logistik rantai dingin vaksin dan penyimpanannya di seluruh titik penyedia vaksin dari provinsi hingga tingkat puskesmas dan rumah sakit.

Kang Emil juga meminta pemerintah pusat mendistribusikan vaksin Covid-19 rata-rata 15 juta dosis setiap bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News