Simulasi Cyrus Network: Ahok Libas Semua Pesaing

Simulasi Cyrus Network: Ahok Libas Semua Pesaing
Gubernur Basuki T Purnama alias Ahok. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Survei terbaru Cyrus Network menunjukkan bahwa elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama memang masih tak tertandingi oleh tokoh-tokoh lainnya yang selama ini disebut-sebut bakal maju pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Dari berbagai simulasi yang dibuat oleh lembaga itu, nama Ahok selalu keluar sebagai yang teratas.

Cyrus membuat simulasi head to head alias satu lawan satu antara Ahok dengan enam kandidat lainnya. Mereka adalah Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno, mantan Menpora Adhyaksa Dault, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

"Dari simulasi itu angka terendah Ahok adalah 57 persen. Itu jika disimulasikan dengan Ridwan Kamil yang sudah menyatakan diri tidak akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta," ujar Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Afianto, di Jakarta, Jumat (13/5/2016). 

Saat dihadapkan dengan Ridwan Kamil, elektabilitas Ahok sebesar 57,1 persen. Sementara Emil, sapaan Ridwan Kamil, memiliki elektabilitas 29,6 persen. 

Versus Risma, elektabilitas Ahok mencapai 57,9 persen. Sementara elektabilitas Risma adalah 25,6 persen. 

Adapun dalam simulasi-simulasi lainnya elektabilitas Ahok selalu berada di atas angka 60 persen. Ini terjadi ketika bekas bupati Belitung Timur itu dihadapkan satu lawan satu dengan Yusril, Adhyaksa, Sandiaga dan Djarot.

Survei Cyrus Network itu dilakukan secara tatap muka dengan melibatkan 1.000 responden yang tersebar di seluruh kelurahan di DKI Jakarta. Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3,1 persen. (dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News