Sinabung Muntah Terbesar Sepanjang 2013

Sinabung Muntah Terbesar Sepanjang 2013
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi Senin (18/11) pagi. Foto: Nanang/POSMETRO KARO

jpnn.com - BERASTAGI- Gunung api Sinabung mengeluarkan erupsi terbesar sepanjang tahun 2013, Senin ( 18/11).

Gunung tertinggi di Sumut ini menyeburkan material vulkanik setinggi 8 kilometer. Debu yang terlihat hingga kota Binjai, Deli Serdang, Medan, dan Langkat ini telah memutihkan Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo.

Gunung yang ditetapkan berstatus Siaga pada 3 November itu mengeluarkan suara gemuruh yang terdengar sepanjang dini hari, akhirnya ditutup dengan erupsi yang berlangsung selama 32 menit.

“ Di Desa Mardinding kami cukup mendengar suara gemuruh dini hari tadi. Kami telah  prediksi kalau paginya pasti akan meletus. Karena sudah keseringan dihantam erupsi kami meyakini itu,” ujar Jepri Bangun, warga Desa Mardinding, Kecamatan Tiga Nderket.

Perkiraan masyarakat di lereng Sinabung pun tak jauh berbeda dengan catatan yang terekam di Pos Pemantau Gunung Api ( PPGA) Sinabung. Dimana sepanjang pukul 00.00 wib hingga 06.00 wib tercatat terjadi gempa vulkanik dalam sebanyak 8 kali dengan Amplitudo Maksimum (Amax) 7-25 mm selama 7-12 detik, gempa vulkanik dangkal 1 kali dengan Amax: 2 mm selama 5 detik , 1 kali gempa hybrid Amax: 8 mm selama 10 detik, 3 kali hembusan Amax: 6-12 mm selama  16-21 detik , 1 kali gempa tektonik jauh Amax: 42 mm dengan getaran selama 100 detik dan tremor dengan  Amax: 0,5-4 mm.

Erupsi yang berlangsung saat sebahagian masyarakat sedang bersiap diri itu telah mengusik  penduduk yang hendak memulai aktifitas di awal pekan. Apalagi, erupsi berlangsung lama dengan keadaan kolom debu yang lama bertahan di udara, bahkan warga Berastagi sudah bersiap diri jika mendapat kiriman debu.

“Saya sempat memasukkan lagi pakaian yang saya jemur, takut nanti kena debu. Rupanya tidak mengarah kemari, “ ujar Sinta, warga Desa Jaranguda sambil berusaha menjemur kembali pakaiannya yang tadinya telah diangkat.

Jalanan menuju salah satu ikon wisata di Berastagi, Bukit Gundaling pun sempat macet akibat hadirnya banyak warga yang ingin melihat erupsi meninggi itu dengan lebih jelas. Arus lalulintas baru normal setelah mendapat kepastian kalau debu mengarah ke barat dan barat daya Sinabung.

BERASTAGI- Gunung api Sinabung mengeluarkan erupsi terbesar sepanjang tahun 2013, Senin ( 18/11). Gunung tertinggi di Sumut ini menyeburkan material

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News