Sindikat Internasional Ubah Skema Penyelundupan Narkoba

Sindikat Internasional Ubah Skema Penyelundupan Narkoba
Kombes (Pol) Sumirat Dwiyanto. Foto: Dok/JPNN
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyambut baik kerjasama antara United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dengan Organisasi Kepabeanan Dunia melalui program pengawasan kontainer dunia.

"Lewat kerja sama program ini, upaya penggagalan penyulundupan Narkoba semakin signifikan. Sepanjang 2012 lalu, di seluruh dunia telah diungkap 11 ton penyelundupan kokain, 17 ton ganja, dan 343 prekusor narkotika. Seluruh barang ini disita di sejumlah pelabuhan di dunia,” ungkap Kabag Humas BNN Kombes (Pol) Sumirat Dwiyanto, kepada JPNN, Senin (15/4).

Ia mengatakan, kuatnya kerjasama untuk memberantas penyelundupan Narkoba terbukti ampuh dalam menekan pendistribusian barang haram tersebut. Hanya saja, kata dia, ini juga membuat para sindikat Narkoba untuk mengubah skema penyelundupan. “Seperti pemilihan rute baru atau pemilihan  pelabuhan-pelabuhan baru untuk dimasuki,” tambahnya.

Meski begitu, imbuh Sumirat, UNODC dan instansi penegak hukum lainnya mendorong agar setiap negara memiliki pengendalian pelabuhan dan skema lainnya untuk memastikan program pengawasan sukses.

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyambut baik kerjasama antara United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dengan Organisasi Kepabeanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News