Sindir Langkah PD, Yusril Ihza Mahendra: Peradilan Pindah ke Kemenkumham ya?

Sindir Langkah PD, Yusril Ihza Mahendra: Peradilan Pindah ke Kemenkumham ya?
Ilustrasi - Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra. Foto: Ricardo/jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mengaku senyum-senyum melihat tindakan para pengacara dan kader Partai Demokrat (PD).

Yusril merupakan kuasa hukum empat mantan kader Partai Demokrat yang mengajukan uji formal dan materiel AD/ART partai berlambang mercy ke Mahkamah Agung (MA).

Yusril tersenyum melihat langkah para pengacara partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu ramai-ramai datang ke Kemenkumham.

Mereka menyerahkan sejumlah dokumen untuk mementahkan uji formal dan materiel yang dilakukan Yusril.

"Saya senyum-senyum saja, karena semua orang juga tahu, uji formal dan materiel itu diajukan ke Mahkamah Agung. Apa sekarang badan yudikatif (peradilan) sudah bergeser ke Kemenkumham ya?” ujar Yusril dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Untuk diketahui, dokumen yang diserahkan pengacara dan petinggi Partai Demokrat ke Kemenkumham antara lain tanggapan atas pemohonan uji formal dan materiel.

Kemudian, juga diserahkan dokumen alat bukti serta keterangan ahli.

"Nah, yang agak mengherankan saya, juga diserahkan surat pencabutan hak uji materiel dari seorang pemohon. Memangnya mereka pengacara pemohon ya?" ucapnya.

Yusril Ihza Mahendra menyindir langkah Partai Demokrat yang ramai-ramai datang ke Kemenkumham, dia bertanya apa peradilan sudah pindah ke Kemenkumham?