Sindiran JK ke PAN Pasti Sudah Didengar Pak Jokowi

Sindiran JK ke PAN Pasti Sudah Didengar Pak Jokowi
Jusuf Kalla. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio meyakini sindiran Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyikapi manuver Partai Amanat Nasional (PAN) terkait penolakan Perppu Ormas, sudah sampai ke telinga Presiden Joko Widodo.

"Pasti apa yang dikatakan Pak JK sudah terdengar di telinga Jokowi (sapaan presiden), bisa saja PAN dikeluarkan dari kabinet," ucap Hendri saat berbincang dengan jpnn.com di Jakarta, Jumat (3/11).

Hanya saja, kata pendiri lembaga survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini, Jokowi tidak akan mudah membuat keputusan mendepak menteri dari partai pimpinan Zulkifli Hasan dari kabinetnya.

"Tapi Jokowi tidak mudah mengeluarkan PAN, sebab PAN punya jasa besar buat Jokowi. Partai ini adalah anggota koalisi merah putih (KMP) pertama yang pindah mendukung pemerintah, imbasnya KMP tutup buku," tutur pengajar di Universitas Paramadina ini.

Bagaimana bila dorongan agar Jokowi mengeluarkan menteri dari PAN. Hendri menilai hal itu tidak akan begitu berpengaruh.

"Kabinet kan tergantung Jokowi, Rini Soemarno contohnya, masih awet tuh di kabinet, gak digubris protes PDIP," pungkasnya. (fat/jpnn)


Tidak mudah membuat keputusan mendepak menteri dari PAN.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News