Sinergi BUMN Wujudkan Ketahanan Pangan di Indramayu

Sinergi BUMN Wujudkan Ketahanan Pangan di Indramayu
Menteri BUMN Rini Soemarno saat kunjungan ke Indramayu. Foto IST

jpnn.com, JAWA BARAT - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi untuk negeri. Kali ini BUMN bersinergi untuk ketahanan pangan Indonesia.

Sinergi ini ditandai dengan peluncuran program Pengembangan Rice Centre, Digitalisasi Pertanian dan Budidaya Beras Premium di Indramayu, Jumat (10/3).

Rice Centre adalah salah satu sistem pertanian terintegrasi yang menyatukan berbagai fungsi untuk memberikan kepastian ketersediaan sarana produksi pertanian, kawalan teknologi, serta pembelian gabah dengan harga tinggi.

"Rice Centre akan dijalankan melalui sinergi BUMN dengan sejumlah perusahaan daerah di Indramayu," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sentuhan teknologi juga dipersembahkan BUMN untuk dunia pertanian di Kabupaten Indramayu.

Platform informasi terintegrasi telah dibangun PT Telekomunikasi Indonesia untuk mewujudkan Digitalisasi Pertanian.

Melalui platform ini petani dan BUMN terkait bisa mengakses data tunggal yang lengkap, mulai dari masa pratanam hingga pascapanen. Platform ini menyediakan informasi terkait profil petani, jenis lahan pertanian, kebutuhan kredit usaha, asuransi sampai mobilisasi hasil panen.

“Diharapkan ketiga program tersebut mempunyai tujuan utama untuk membantu Kabupaten Indramayu dalam memonitor pelaksanaan program-program pemerintah," harap Rini.(chi/jpnn)


Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi untuk negeri. Kali ini BUMN bersinergi untuk ketahanan pangan Indonesia.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News