Singkirkan Barcelona, AS Roma Ukir Sejarah Spektakuler

Singkirkan Barcelona, AS Roma Ukir Sejarah Spektakuler
Fan AS Roma bersukacita usai timnya menyingkirkan Barcelona di perempat final Liga Champions. Foto: uefa

jpnn.com, ROMA - Di saat fokus Eropa menunggu comeback Manchester City di perempat final Liga Champions, malah AS Roma yang membuat kejutan besar pada Rabu (11/4) dini hari tadi.

Ya, dalam leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Olimpico, AS Roma mengalahkan Barcelona 3-0. Skor tersebut cukup mengantar mereka ke semifinal pertamanya di Liga Champions. Sebelumnya Roma pernah ke Empat Besar, bahkan sampai ke final (1983/84), namun saat itu turnamen masih bernama Piala Champions.

Nah, sekarang, AS Roma tercatat sebagai tim ke-29 yang berhasil menembus semifinal sepanjang sejarah Liga Champions (sejak 199/93).

Il Lupi (Si Serigala), julukan AS Roma, menjadi tim baru yang lolos ke semifinal sejak Manchester City di musim 2015/16.

Keberhasilan AS Roma ini spektakuler. Edin Dzeko dkk membalikkan defisit tiga gol (1-4) yang mereka terima saat kalah dari Barca dalam leg pertama di Camp Nou, pekan kemarin.

UEFA mencatat, baru tiga klub yang lolos ke fase gugur berikutnya setelah tertinggal tiga gol atau lebih.

Pertama adalah Deportivo La Coruna di perempat final Liga Champions 2003/04. Setelah tertinggal 1-4 dari AC Milan di leg pertama, Depor mengamuk, menang 4-0 di leg kedua.

Keajaiban kedua dilakukan Barcelona, yang terjadi di perempat final tahun lalu. Di leg pertama Barca keok 0-4 dari PSG, namun berbalik menghantam raksasa Paris itu 6-1 di leg kedua.

AS Roma menjadi klub ketiga dalam sejarah Liga Champions, yang lolos ke fase gugur berikutnya setelah sempat tertinggal tiga gol atau lebih di leg pertama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News