Singkirkan Ribuan Peserta, 44 Mahasiswa Terpilih untuk Magang di Industri Kertas

Singkirkan Ribuan Peserta, 44 Mahasiswa Terpilih untuk Magang di Industri Kertas
Sebanyak 44 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia terpilih untuk magang di industri kertas. Foto: dokumentasi APP Sinar Mas

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 44 mahasiswa dari berbagai universitas mendapatkan kesempatan magang di industri pulp dan kertas yang berkelanjutan melalui program kolaborasi kepemimpinan. 

Mereka merupakan hasil seleksi dari 8 ribu lebih pendaftar dari sekitar 500 universitas di tanah air.

"Mereka menempati 13 posisi dengan total 17 project selama program berlangsung," kata Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dalam keterangannya, Jumat (19/8).

Kegiatan ini sejalan dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengharapkan para mahasiswa yang terpilih bisa mendapatkan pengalaman langsung di dunia industri.

"Agar mahasiswa mendapat pengalaman kerja secara langsung di lapangan, juga mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan," katanya.

Industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Berdasarkan data dari Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2020 dan 2021, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp. 

Peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia. Juga di posisi 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas ditingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP nonmigas.

44 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia terpilih untuk magang di industri kertas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News