Sip, Jalan Lingkar Utara Tegal Siap Dilintasi Pemudik

Sip, Jalan Lingkar Utara Tegal Siap Dilintasi Pemudik
Komisi III DPRD Tegal ketika meninjau jalan lingkar utara yang akan digunakan untuk jalur alternatif bagi pemudik pada Lebaran nanti. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - TEGAL - Para pemudik yang melintasi jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa ke arah Jawa Tengah, Jawa Timur atau DI Yogyakarta jelang lebaran tahun ini tak hanya bisa memanfaatkan ruas tol Pejagan-Pemalang. Sebab, ada jalan lingkar utara (jalingkut) Kota Tegal yang bisa digunakan sebagai jalur alternatif bagi pemudik.

Sebenarnya jalingkut Kota Tegal masih perlu dibenahi. Namun, keberadaannya memang sangat dibutuhkan ketika jalur utama pantai utara (Pantura) Jawa di Tegal padat dan macet.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tegal, Sutari mengatakan, kondisi jalingkut itu memang masih belum sepenuhnya siap.  "Selain kesiapan jalan, yang tidak kalah penting yang perlu dilakukan yaitu penerangan dan rambu-rambu lalu lintas serta rambu petunjuk arah," kata seperti dikutip Radar Tegal.

Menurut Sutari, kondisi jalingkut sebagian memang sudah halus. Tetapi yang perlu diwaspadai adalah debu. Karenanya diperlukan penanganan yang baik agar tidak mengganggu para pemudik.

Sedangkan anggota Komisi III DPRD Kota Tegal, Yusuf Al Baihaqi mengatakan, pemerintah kota setempat perlu mendirikan posko-posko di titik yang menjadi jalur alternatif. “Persiapan harus dilakukan dengan matang dari sekarang,” pintanya.

Sedangkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkot Tegal, Mohammad Suharto mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan jalingkut agar bisa digunakan sebagai jalur alternatif arus mudik.  "Secara umum, jalingkut sudah bisa digunakan untuk jalur alternatif," ujarnya.(nam/zul/rtc/ara/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News