Sip, Moeldoko Pilih Temui Petani Ketimbang Sibuk Berpolitik

Sip, Moeldoko Pilih Temui Petani Ketimbang Sibuk Berpolitik
Moeldoko (kanan) saat menebar benih padi M400. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, MALANG - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko makin getol menemui para petani. Apalagi peraih Adhi Makayasa dari Akademi Militer (Akmil) angkatan 1981 itu kini memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Beberapa waktu lalu Moeldoko bersafari di Jawa Timur untuk menemui para petani. Rabu lalu (27/8), Moeldoko menyambangi petani di Desa Pontang, Ambulu, Jember untuk menyosialisasikan padi varietas M400.

Mantan tentara kelahiran Kediri, Jawa Timur itu pun punya alasan tersendiri sehingga memilih getol menemui petani ketimbang sibuk di politik. Moeldoko berbicara blakblakan soal rutinitasnya menemui para petani saat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan ratusan mahasiswa Politeknik Kota Malang, Kamis (28/9).

“Kalau semua seperti sekarang berpikiran politik, maka siapa yang memikirkan nasib petani? Saya lebih tertarik bagaimana nasib petani bisa kita tingkatkan,” ujarnya yang langsung ditimpali tepuk tangan.

Moeldoko menambahkan, dirinya selalu menyemangati petani di lapangan. Pria kelahiran 8 Juli 1957 itu tak mau petani terus lengket dengan stigma miskin.

Karena itu, Moeldoko tak sekadar menyemangati, tapi juga menawarkan solusi. Moeldoko pun menyodorkan beberapa varietas padi, antara lain M400 dan M70D.

Menurutnya, kedua varietas itu memiliki keunggulan masing-masing. Untuk varietas M70D adalah mempercepat masa tanam hingga panen dari 95 hari menjadi 70 hari.

Adapun untuk varietas M400 memiliki keunggulan dalam jumlah butir padi di setiap tangkainya. Moeldoko memerinci, satu tangkai padi varietas M400 bisa menghasilkan 400 butir gabah atau jauh lebih banyak ketimbang jenis lain yang hanya 270-300 butir.

Moeldoko menyatakan bahwa ridinya tak mau petani terus lekat dengan kemiskinan. Karena itu dia mencoba menyemangati petani dan menawarkan solusi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News