Sirine 2 Jam Jelang Tsunami Sia-sia

Sirine 2 Jam Jelang Tsunami Sia-sia
Sirine 2 Jam Jelang Tsunami Sia-sia
JAKARTA - Peringatan dini tsunami yang disampaikan 2 jam sebelum bencana itu mengganas dinilai tak cukup waktu bagi warga untuk mengungsi. Apalagi daerah kepulauan akan lebih sulit berlari dibanding daerah daratan. Diharap, sirine itu bisa lebih awal, bahkan sehari sebelum bencana alam itu menyapu perkampungan.

"Pulau disapu ombak besar seperti tsunami memang sudah konsekuensi, apalagi kepulauan merupakan jalur gempa yang kemungkinan kena tsunami sangat besar. Sebaiknya, pindah saja ke daerah lain," kata Marzuki, di gedung DPR,Jakarta, Rabu (27/10).

Menurut Marzuki, meskipun ada peringatan akan terjadinya tsunami di Mentawai, tidak akan mengurangi korban jiwa. Alasannya, peringatan dini terjadinya tsunami hanya 2 jam sebelum bencana itu melanda, apalagi kondisi Mentawai merupakan daerah kepulauan.

"Peringatan dini 2 jam. Kalau tinggal di Kepulauan Mentawai, mana sempat keluar. Yang sempat itu kalau di daratan. Kalau tinggal di pulau seperti itu, peringatan satu hari saja tidak bisa apa-apa." katanya.

JAKARTA - Peringatan dini tsunami yang disampaikan 2 jam sebelum bencana itu mengganas dinilai tak cukup waktu bagi warga untuk mengungsi. Apalagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News