Sistem CAT Dongkrak Minat Pelamar CPNS Perkotaan

Sistem CAT Dongkrak Minat Pelamar CPNS Perkotaan
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Profesi PNS kini tidak hanya diminati masyarakat daerah. Masyarakat perkotaan pun tertarik, bahkan yang sudah bekerja.

Ketertarikan masyarakat kota terutama wilayah Jabodetabek mendaftar CPNS, salah satunya karena sistemnya lebih fair dan transparan.

"Jadi ada pergeseran minat terutama masyarakat perkotaan. Biasanya di Jabodetabek, lulusan perguruan tinggi lebih senang bekerja di perusahaan swasta, kini banyak yang tertarik jadi PNS," kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan kepada JPNN, Senin (11/9).

Ketertarikan itu menurut Ridwan, karena seleksinya lebih terbuka.

Para pelamar yang ikut computer assisted test (CAT) bisa menilai langsung hasil pekerjaannya.

"Sistem CAT mengubah pandangan masyarakat perkotaan tentang seleksi CPNS. Dulu mereka ogah ikut tes karena tahu seleksinya penuh KKN, sekarang karena sistem komputer dan transparan makanya mereka tertantang menguji kemampuannya," bebernya.

Sejumlah pelamar membenarkan bila keinginannya mendaftar CPNS karena sistem seleksinya yang objektif. Salah satunya adalah Ririn.

Walaupun sudah bekerja dan menempati posisi yang bagus pada salah satu perusahaan swasta di Jakarta, Ririn ingin mencoba peruntungan.

Sistem CAT dianggap lebih transparan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News