Sistem Informasi Legalitas Kayu Lolos Menjadi Top 40 Inovasi

Sistem Informasi Legalitas Kayu Lolos Menjadi Top 40 Inovasi
Sistem Informasi Legalitas Kayu adalah inovasi KLHK. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu inovasi KLHK, berhasil masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.

Inovasi tersebut yaitu SILK (Sistem Informasi Legalitas Kayu), yang menjadi solusi untuk menjawab tantangan global perdagangan kayu legal.

Sistem Informasi yang dikembangkan oleh Ditjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) ini, merupakan salah satu instrument dalam implementasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). SILK merupakan platform on-line untuk mempermudah para eksportir dalam penerbitan dokumen legalitas kayu (Dokumen V-Legal dan Lisensi FLEGT), sebagai salah satu kelengkapan dokumen persyaratan ekspor produk kayu dari Indonesia.

Dirjen PHPL KLHK, Hilman Nugroho menjelaskan bahwa inovasi SILK merupakan platform online pertama di dunia, untuk penerbitan dokumen penjaminan legalitas kayu.

"Sampai dengan 24 Oktober 2018, melalui platform SILK telah diterbitkan sebanyak 920.133 Dokumen V-Legal, dan Lisensi FLEGT yang menyertai ekspor produk kehutanan ke pasar dunia dengan total nilai ekspor ± USD 52 milyar," tutur Hilman.

Senada dengan Hilman, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menyampailan bahwa SILK telah diimplementasikan sejak 2013. Hingga saat ini, SILK telah memberikan dampak yang nyata dalam mendukung peningkatan ekspor produk kayu dari Indonesia.

"Pemerintah, dalam hal ini KLHK, juga memberikan dukungan penuh untuk keberlanjutan implementasi SILK, mengingat pentingnya sistem ini dalam menunjang kelancaran ekspor, dan impor produk industri kehutanan Indonesia," ujar Bambang.

Top 40 inovasi Pelayanan Publik 2018, ditetapkan dari peserta kompetisi sebanyak 2.824 inovasi yang mengikuti proses kompetisi secara online. Sebagai penyelenggara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), menerapkan aplikasi berbasis web Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) melalui http://sinovik.menpan.go.id.

Top 40 inovasi Pelayanan Publik 2018 ditetapkan dari peserta kompetisi sebanyak 2.824 inovasi yang mengikuti proses kompetisi secara online.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News