Sistem Penggajian PNS Perlu Ditinjau Ulang

Sistem Penggajian PNS Perlu Ditinjau Ulang
Sistem Penggajian PNS Perlu Ditinjau Ulang
JAKARTA - Sistem penggajian pegawai negeri sipil (PNS) perlu ditinjau ulang. Pasalnya, menurut Prof Prijono Tjiptoherijanto, pakar administrasi dan keuangan Universitas Indonesia, ratio penggajian yang berlaku saat ini justru telah mengakibatkan kesenjangan kesejahteraan antara pejabat struktural, fungsional, maupun PNS yang tidak menjabat.

"Biar PNS bisa bekerja dengan tenang dan mencegah praktik KKN, kesejahteraan PNS perlu mendapat perhatian," kata Prijono pada JPNN, Sabtu (20/11).

Dijelaskannya tunjangan jabatan bagi para pejabat struktural dan fungsional, selain menimbulkan kecemburan bagi PNS yang tidak menjabat, juga telah menyebabkan kesenjangan kesejahteraan. "Ratio penggajian yang saat ini diberlakukan perlu peninjauan ulang untuk menghindari jumlah besarnya tunjangan khusus yang harus diberikan kepada seseorang," jelasnya.

Prijono juga menyoroti terjadinya diskriminasi antara PNS pria dan wanita. Jabatan-jabatan penting dalam jajaran pemerintahan sebagian besar hanya diisi oleh PNS pria. Kesempatan bagi PNS perempuan memang agak terbatas.

JAKARTA - Sistem penggajian pegawai negeri sipil (PNS) perlu ditinjau ulang. Pasalnya, menurut Prof Prijono Tjiptoherijanto, pakar administrasi dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News