Siswa di Parepare Diajak Memahami Pengunaan Medsos dengan Baik

Siswa di Parepare Diajak Memahami Pengunaan Medsos dengan Baik
Edukasi ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi pada Kamis (1/6). Foto: GNLD Siberkreasi

jpnn.com, PAREPARE - Sebanyak 540 pelajar SMP di Kota Parepare, Sulsel, diajak untuk memahami nilai-nilai Pancasila.

Edukasi ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi pada Kamis (1/6).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare M. Makmur mengatakan dalam mengakses dunia digital diperlukan kompetensi dalam mengakses informasi dengan baik dan bijak.

Selain itu, diperlukan pula peran aktif dalam mempromosikan lingkungan digital yang positif dan aman.

“Kita harus berperan aktif dalam mempromosikan lingkungan digital yang positif, aman, dan menghargai orang lain. Mari kita bersama-sama menolak konten-konten negatif dan lebih memilih untuk menghasilkan, berbagi, dan mengonsumsi konten yang membangun, mendidik, serta menginspirasi. Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan online yang lebih baik bagi kita semua,” ungkapnya.

Direktur Parepos Akbar Hamdan mengatakan keamanan digital merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikembangkan, agar tak menjadi korban kejahatan digital.

Seperti bullying, malware, phising, serta penipuan lowongan kerja, dan juga penipuan percintaan.

“Dengan pengetahuan dan kesadaran tentang ancaman digital ini, adik-adik dapat melindungi diri sendiri dan menjaga keamanan serta privasi dalam penggunaan teknologi digital. Lebih baik memanfaatkan media digital sebagai sarana belajar atau menghibur diri. Adik-adik dapat memanfaatkan media digital ini untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan,” jelas Akbar Hamdan.

Dalam mengakses dunia digital diperlukan kompetensi dengan baik dan bijak agar tidak menjadi korban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News