Siswa Miskin Dapat Subsidi Rp 3,9 Triliun

Siswa Miskin Dapat Subsidi Rp 3,9 Triliun
Siswa Miskin Dapat Subsidi Rp 3,9 Triliun
JAKARTA-Komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk memperhatikan masyarakat marginal akan terus dilakukan. Hal tersebut dibuktikan dengan menyiapkan anggaran subsidi siswa miskin sebesar Rp 3,9 triliun untuk 6,1 juta siswa pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, bantuan subsidi siswa miskin ini akan diberikan secara langsung maupun melalui sekolah layaknya Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Saat ini terdapat sekitar 1,18 juta siswa putus sekolah dan 2,33 juta lulusan sekolah dasar sampai sekolah menengah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan alasan faktor ekonomi. Itu sebabnya APBN 2012 diarahkan untuk menyediakan subsidi siswa miskin sebanyak 6 juta siswa lebih,” ungkap Nuh di dalam pemaparan evaluasi akhir tahun di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (30/12).

Nuh berharap bantuan siswa miskin ini dapat menyelamatkan paling sedikit 800 ribus siswa dari putus sekolah. Selain itu, lanjut Nuh, juga memberi kesempatan bagi 740 siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang leih tinggi.

JAKARTA-Komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk memperhatikan masyarakat marginal akan terus dilakukan. Hal tersebut dibuktikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News