Siswa SD Lepas 250 Ekor Kura-Kura di Mangrove Wonorejo

Siswa SD Lepas 250 Ekor Kura-Kura di Mangrove Wonorejo
Siswa saat melepas anakan kura-kura di Mangrove. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Siswa SDN Bubutan IV kemarin melakukan kegiatan luar sekolah. Mereka melepas 250 ekor kura-kura di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Puspa dan Satwa Nasional.

Selain mengembalikan kura-kura ke habitatnya, pelajar dikenalkan dengan hutan bakau. Kepala SDN Bubutan 4 Sastro menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan agar siswa dapat peduli dan melestarikan lingkungan. Apalagi, sekolahnya mendapatkan predikat sekolah adiwiyata. Selain mengajak pelajar, aktivitas itu diikuti para guru dan wali murid. ''Biar sekalian refreshing,'' ujarnya.

Kenapa kura-kura yang dipilih? Sastro menuturkan, populasi hewan tersebut berkurang. Karena itu, menurut Sastro, perlu digalakkan aksi pelestarian hewan tersebut. ''Biar nanti bisa beranak pinak di hutan mangrove," ucapnya.

Murid yang mengikuti acara itu mengungkapkan, mereka bisa lebih dekat dengan alam. ''Kami belajar mencintai lingkungan dan menjaga hewan-hewan agar tidak punah,'' tutur Anindya Kirana Maheswari, siswi kelas V C. Dia juga menjadi finalis Pangeran dan Putri Lingkungan 2018 yang diadakan Pemkot Surabaya.

Setelah melepas kura-kura, murid-murid berkumpul di gazebo. Mereka diminta membentuk kelompok dan menulis jalannya kegiatan kemarin. Para guru pun meminta anak didiknya membacakan cerita tersebut di hadapan orang tua mereka. (ika/c20/dio) 

Kenapa kura-kura yang dipilih? Sastro menuturkan, populasi hewan tersebut berkurang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News