Siti Mukaromah Ingatkan Ibu-Ibu soal Ramadan & Nilai Luhur Pancasila

Siti Mukaromah Ingatkan Ibu-Ibu soal Ramadan & Nilai Luhur Pancasila
Siti Mukaromah menghadiri Sosialisasi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Undang-undang Dasar 1945 di Banyumas. Foto: Tim PKB

jpnn.com - BANYUMAS – Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah mengatakan nilai-nilai luhur Pancasila tumbuh berawal dari keluarga, dengan peran utama dari sosok ibu.

Mbak Erma -panggilan Siti Mukaromah menyampaikan hal itu dalam Sosialisasi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai Empat Pilar kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di Banyumas, akhir pekan lalu.

"Orang tua dapat menumbuhkan perasaan kasih sayang di antara sesama anggota keluarga. Kemudian menanamkan budi pekerti yang luhur, beribadah, sopan santun, nasionalisme dan cinta tanah air," kata perempuan yang juga Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa itu.

Menurutnya, ibadah dan Pancasila merupakan dua hal yang sangat relevan untuk dikaitkan. Keduanya memiliki nilai-nilai yang seiring sejalan dan bisa untuk saling menguatkan.

Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, dalam konteks ini bermakna bahwa warga negara Indonesia harus menomor satukan pelaksanaan perintah Tuhan.

Menjelang Ramadan, Mbak Erma mengingatkan bahwa sebagai seorang muslim yang beriman, wajib untuk menjalankan kewajiban tersebut.

Kemudian sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila ini berhubungan dengan kemanusiaan karena pada Ramadan banyak hal yang dapat dilakukan untuk saling membantu satu dengan lainnya.

"Begitu juga terkait menyikapi orang yang tidak berpuasa karena alasan apa pun, misalnya non-muslim, sedang berhalangan dan lainnya, maka harus saling menghormati. Sila selanjutnya, Persatuan Indonesia sudah sangat jelas bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat beragam dan kaya akan suku, agama, bahasa, ras," kata Mbak Erma.

Siti Mukaromah mengatakan nilai-nilai luhur Pancasila tumbuh berawal dari keluarga, dengan peran utama dari sosok ibu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News