Siti Nurbaya: PNS Berpolitik, Mundur Saja Seperti Saya

Siti Nurbaya: PNS Berpolitik, Mundur Saja Seperti Saya
Siti Nurbaya (kiri) dan Yohana Yembise (tengah) dalam talkshow rakornas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) di Bangkabelitung, Babel, Kamis (1/3). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, PANGKALPINANG - Para kepala daerah maupun birokrat yang mencalonkan diri di pilkada akan berupaya menggalang dukungan dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) alias PNS.

Namun, PNS diminta tetap netral dan tidak berpolitik.

"PNS yang mau berpolitik mundur saja dari pegawai negeri daripada nyundul-nyundul atasan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam talkshow rapat koordinasi nasional pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) di Bangkabelitung, Babel, Kamis (1/3).

Siti mencontohkan dirinya yang 34 tahun di dunia birokrat memutuskan mundur sebagai PNS. Itu karena dirinya ingin masuk ke dunia politik.

"Saya jadi PNS tahun 1979. Saat itu cita-cita saya jadi direktur jenderal. Jabatan eselon satu ini adalah jenjang tertinggi dari PNS," terang mantan sekjen Kemendagri dan sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu.

Namun, nasib berkata lain saat Siti bergabung dalam dunia politik di 2012. Siti bisa menjadi menteri karena punya kendaraan politik.

"Saya enggak pernah bermimpi jadi menteri. Namun, saya berpikir kalau hanya di birokrat saya enggak bisa berbuat banyak apalagi setelah pensiun. Makanya saya mundur dan terjun ke dunia politik. Dengan bekal yang saya miliki, saya bisa benahi sistem birokrasi di kementerian yang saya pimpin," paparnya. (esy/jpnn)


Siti Nurbaya mengingatkan para PNS agar bersikap netral, tidak terlibat dalam urusan politik praktis.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News