Situasi Jatim Memburuk, Inggris Kucurkan Rp 987 Juta untuk Gugus Tugas COVID-19

Situasi Jatim Memburuk, Inggris Kucurkan Rp 987 Juta untuk Gugus Tugas COVID-19
Peta Sebaran COVID-19 Jatim. Kota Madiun berstatus zona hijau. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Inggris menyalurkan bantuan senilai GBP 56.178 atau sekitar Rp 987 juta untuk membantu percepatan penanggulangan COVID-19 di Provinsi Jawa Timur.

Dana tersebut dimaksudkan untuk menguatkan basis data penyebaran virus yang digarap oleh LaporCovid-19 dan Tim Gugus Tugas COVID-19 setempat.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu contoh kerja sama konkret Pemerintah Inggris dan Pemerintah Indonesia, khususnya di Jawa Timur, terkait bagaimana kita dapat membuat perubahan yang nyata di lapangan," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins saat sesi jumpa pers virtual, Jumat (3/7).

Menurut Dubes Jenkins, kolaborasi tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemerintah dan seluruh kalangan masyarakat mengenai situasi penyebaran COVID-19 di Jawa Timur.

"Kolaborasi ini sejalan dengan kegiatan yang telah dilakukan pemerintah. Kami berharap kerja sama ini dapat membantu penanggulangan COVID-19 dengan lebih baik," ujar dia.

Lewat kolaborasi itu, Tim Gugus Tugas COVID-19 Jawa Timur bersama LaporCovid-19 akan bekerja sama memperluas basis data COVID-19 secara langsung (real time).

Informasi mengenai data COVID-19 juga akan diperluas sampai tingkat kampung/desa sehingga masyarakat dapat secara mandiri mengambil tindakan pencegahan untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

LaporCovid-19 atau Koalisi Masyarakat untuk COVID-19 merupakan wadah berbagi data mengenai penyebaran COVID-19 yang dibuat secara swadaya oleh beberapa ahli bidang kesehatan, epidemiolog, pakar olah data, wartawan, sampai sosiolog.

Pemerintah Inggris menyalurkan bantuan senilai GBP 56.178 atau sekitar Rp 987 juta untuk membantu percepatan penanggulangan COVID-19 di Provinsi Jawa Timur.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News