Situasi Memanas, Amerika Pilih Bahas Konflik Israel Palestina dengan 3 Negara Ini

Situasi Memanas, Amerika Pilih Bahas Konflik Israel Palestina dengan 3 Negara Ini
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken . Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

jpnn.com, WASHINGTON DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mendiskusikan kekerasan di Palestina dan Israel melalui sambungan telepon dengan menteri luar negeri Qatar, Mesir, serta Arab Saudi, Minggu (16/5).

Blinken dan Menlu Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani mendiskusikan upaya untuk mengembalikan ketenangan di Israel dan di Tepi Barat, dan Gaza.

"Mengingat telah hilangnya hidup masyarakat sipil dengan tragis,” kata Kemlu AS dalam keterangannya.

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua pejabat mendiskusikan serangan Israel terhadap jamaah di Kompleks Al Aqsa baru-baru ini dan serangan terhadap Jalur Gaza.

Al Thani menekankan pentingnya aksi yang mendesak dari komunitas internasional untuk menghentikan serangan brutal Israel. "Yang terus menerus terhadap masyarakat sipil di Gaza di Masjid Al-Aqsa yang suci,” tambahnya.

Dalam percakapannya dengan Menlu Mesir Sameh Shoukry, Blinken menekankan seruannya agar semua pihak mengurangi ketegangan dan menghentikan kekerasan yang telah memakan korban jiwa masyarakat sipil Israel dan Palestina.

"Termasuk anak-anak,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataan lain.

Kantor berita Arab Saudi SPA melaporkan pada Minggu (16/5) bahwa Blinken juga telah berbicara melalui sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud untuk mendiskusikan perkembangan terakhir di Palestina dan di kawasan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mendiskusikan kekerasan di Palestina dan Israel dengan tiga negara ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News