Skandal Telat Bayar Guncang Dunia Hiburan Korea

Skandal Telat Bayar Guncang Dunia Hiburan Korea
Kim Woo Bin. Foto: Allkpop.com

jpnn.com - Dunia hiburan Korea Selatan tengah diguncang isu kurang menyenangkan. Banyak aktris dan aktor yang menyatakan belum mendapat bayaran dari program TV maupun proyek lain yang mereka bintangi. Selama sepekan terakhir saja, ada tujuh laporan yang masuk terkait isu tersebut.

Di antaranya, Rain, Lee Na-young, Gong Seung-yoon, dan Kim Min-jung. Pihak label mereka mengklaim bahwa para artis itu belum menerima honor dari serial TV maupun reality show. Mulai yang tayang tahun lalu hingga yang tayang lebih dari lima tahun sebelumnya.

Pihak Korea Broadcasting Actors Union (KBAU) pun memberikan konfirmasi terkait hal itu dalam konferensi pers pada Selasa (16/1).

Song Chang-gon, kepala hubungan masyarakat organisasi, menyatakan bahwa penunggakan tersebut sangat mungkin dipicu sistem pembayaran honor. Sebab, pembayaran untuk proyek film dan acara TV berbeda.

’’Pembayaran untuk film diberikan setelah proses produksi film selesai. Buat drama, pembayaran dilakukan setelah drama ditayangkan,” terangnya.

Chang-gon mencontohkan, jika seorang aktris melakoni syuting pada Desember dan dramanya tayang pada Januari, bayarannya baru diterima setidaknya akhir Februari.

”Honor baru diberikan pada akhir bulan setelah drama selesai. Hal inilah yang kerap terlewatkan dalam pembahasan kontrak,” ungkapnya.

Chang-gon belum bisa memperkirakan total tuntutan dana yang ditunggak stasiun penyiaran. ’’Untuk aktor dan aktris yang tergabung di KBAU, setidaknya tunggakannya mencapai 3,2 miliar won (Rp 39,9 miliar). Itu pun hanya dari tiga stasiun swasta utama, SBS, KBS, dan MBC,” paparnya.

Dunia hiburan Korea Selatan tengah diguncang isu kurang menyenangkan. Banyak aktris dan aktor yang menyatakan belum mendapat bayaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News