Skotlandia Pilih Muslim Jadi Perdana Menteri, Namanya Humza Yousaf, Berderet Rekornya

Skotlandia Pilih Muslim Jadi Perdana Menteri, Namanya Humza Yousaf, Berderet Rekornya
Pemimpin Partai Nasional Skotlandia atau Scottish National Party (SNP) Humza Yousaf. Foto: Twitter/HumzaYousaf

jpnn.com, EDINBURGH - Skotlandia untuk kali pertama segera memiliki perdana menteri (PM) beragama Islam. Pilihan itu jatuh kepada Humza Yousaf dari Partai Nasional Skotlandia atau Scottish National Party (SNP).

Pria kelahiran 1985 itu akan menjadi PM setelah menjadi pemimpin SNP menggantikan Nicola Sturgeon yang mengundurkan diri pada Februari lalu.

Yousaf terpilih menjadi pemimpin SNP setelah melalui proses kontes selama lima pekan.

Menteri kesehatan Skotlandia itu mengalahkan dua pesaingnya, Kate Forbes dan Ash Regan, dalam pemilihan pemimpin SNP pengganti Sturgeon.

Sebenarnya dua rival Yousaf itu bukanlah figur sembarangan. Kate Forbes merupakan menteri keuangan, sedangkan Ash Regan adalah mantan menteri keselamatan masyarakat.

Namun, Yousaf yang berasal dari kelompok minoritas dan keturunan imigran Pakistan berhasil memenangi pemilihan dan secara otomatis akan menempati jabatan PM Skotlandia.

“Sulit bagi saya untuk menemukan kata-kata guna menggambarkan betapa terhormatnya saya dipercaya oleh anggota SNP menjadi pemimpin selanjutnya dan menjadi perdana menteri,” ujar Yousaf, Senin (27/3).

Sosok muda itu juga menyampaikan apresiasinya kepada Kate Forbes dan Ash Regan. Yousaf menganggap dua koleganya di SNP itu seperti keluarga sendiri.

Humza Yousaf yang berasal dari kelompok minoritas berhasil memenangi pemilihan pemimpin Partai Nasional Skotlandia sehingga berhak atas jabatan perdana menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News