Senin, 22 Oktober 2018 – 06:47 WIB

Skuter Listrik Gesits 100 Persen Dirilis di Rumah Jokowi

Jumat, 12 Oktober 2018 – 21:45 WIB
Skuter Listrik Gesits 100 Persen Dirilis di Rumah Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kabar motor listrik karya anak bangsa dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya - Gesits diklaim seratus persen siap untuk diluncurkan tahun ini.

Bahkan, peluncuran Gesits diharapkan bisa dilepas langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pasalnya, produk sudah menyelesaikan seluruh tahapan sebelum dilepas ke pasar lansir laman resmi ristekdikti.go.id.

Kepastian itu diungkap dari hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Inovasi Perguruan Tinggi 2018 terhadap implementasi Teaching Industry sebagai persiapan produksi massal skuter listrik Gesits.

Monev dilakukan oleh Kasubdit Industri Energi dan Transportasi, Direktorat Inovasi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di Gedung Riset Mobil Listrik ITS, Surabaya, Jawa Timur, pada 5-6 Oktober lalu.

Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan sharing dan tanya jawab terkait sepeda motor Gesits hingga meninjau langsung proses assembly line yang dimiliki PUI SKO ITS.

Disebutkan, tim monitoring juga telah melihat langsung produksi baterai Gesits serta pembuatan komponen yang dibutuhkan seperti motor listrik BLDC 5 KW, controller 5 KW, integrated vehicle computer (IVC), battery management system (BMS) 100 volt serta battery pack 3 KWH.

Direktur PUI SKO ITS Muhammad Nur, menyampaikan bahwa skuter listrik Gesits yang dimulai penelitiannya 2015 hingga 2018 ini sudah melalui semua tahapan mulai dari penelitian hingga uji coba menempuh perjalanan Jakarta sampai Bali.

Untuk pemasaran Gesits, kata Nur, ITS juga sudah bekerja sama dengan Garansindo yang membentuk perusahaan PT Gesits Teknologi Indonesia (GTI). Sementara produksinya menggandeng perusahaan plat merah PT Wika Industri dan Konstruksi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar