Soal Bahasa Inggris Sudah Diamankan

Terkait Tertukarnya Soal UN di Bali

Soal Bahasa Inggris Sudah Diamankan
Soal Bahasa Inggris Sudah Diamankan
JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Mansyur Ramli, menegaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan kalau soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris yang sempat tertukar, sudah diamankan oleh pihak kepolisian. Hal tersebut diungkapkan terkait adanya kejadian soal UN yang tertukar di salah satu sekolah yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali.

"Masalah soal yang tertukar di Bali sudah diselesaikan. Memang itu ada sedikit kesalahan, di mana amplop soal yang masih bersegel dan bertuliskan mata pelajaran Bahasa Indonesia, ternyata di dalamnya berisi soal mata pelajaran Bahasa Inggris. Tetapi soal Bahasa Inggris itu sudah kami amankan kembali, mengingat baru besok (Selasa) mata pelajaran itu akan diujikan kepada peserta didik," ungkapnya Mansyur wartawan, di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Senin (22/3).

Lebih jauh, Mansyur menerangkan bahwa kejadian tersebut hanya terjadi di satu sekolah saja, namun terdapat di empat kelas. "Laporan itu kami terima sekitar pukul 08.00 WIB. Tetapi, menurut laporan yang kami terima (pula), ujian tetap dilaksanakan dan berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Sementara itu, masalah soal yang tertukar ini ternyata juga dilaporkan terjadi di Sulawesi Barat. Menurut Mansyur, kali ini masalahnya sedikit berbeda dengan yang di Bali. "Ini hanya salah penempatan soal. Harusnya siswa itu mendapatkan soal jenis A, tetapi dibagikan soal jenis B. Tetapi sekali lagi, sudah diselesaikan dengan baik dan UN tetap berjalan," terangnya. (cha/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Bersalam-salaman Jelang UN

JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Mansyur Ramli, menegaskan bahwa pihaknya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News