Soal Hots Akan Muncul di Ujian Susulan  

Soal Hots Akan Muncul di Ujian Susulan  
Siswa mengikuti Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran ujian nasional (unas) susulan jenjang SMP telah ditutup kemarin pukul 18.00. Unas susulan akan dilak­sanakan pada 8-9 Mei.

Kepala Pusat Penilaian dan Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud Muhamad Abduh menyatakan, setelah ujian susulan tuntas, selanjutnya dilakukan proses scoring hingga 18 Mei. 

Kemudian, seluruh siswa SMP yang mengikuti unas tahun ini bisa mengetahui nilainya pada 23 Mei. 

Hingga berita ini ditulis, Abduh belum bisa memastikan berapa jumlah peserta unas SMP susulan tersebut. "Masih menunggu informasi dari help desk kabupaten, kota, dan provinsi," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menjelaskan bahwa soal yang akan diujikan pada unas susulan nanti tidak sama dengan ujian utama. 

"Namun, kisi-kisi dan jumlah soal sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) Unas 2018 yang dikeluarkan BSNP," ujarnya.

Jumlah soal yang akan diujikan 40 hingga 50 butir. Waktu ujian yang diberikan 120 menit. Misalnya, soal bahasa Indonesia akan berjumlah 50 butir, matematika 40 butir, bahasa Inggris 50 butir, dan ilmu pengetahuan alam (IPA) 40 butir. 

Soal dengan standar higher order thinking skills (HOTS), kata Bambang, juga akan muncul. "Jumlahnya sekitar 10 hingga 15 persen," ucapnya. (lyn/c9/nw/jpnn) 


Soal yang akan diujikan pada unas susulan mendatang tidak sama dengan ujian utama.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News