Soal Izin Semen Rembang, Ini Kata KEIN

Soal Izin Semen Rembang, Ini Kata KEIN
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai, sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menerbitkan izin lingkungan PT Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah sudah melalui proses pertimbangan sebaik-baiknya.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta mengatakan, selaku kepala daerah, Ganjar dipastikan telah memperhitungkan berbagai aspek persyaratan diterbitkannya izin lingkungan untuk Semen Rembang.

Selain itu, ucap Arif, pertimbangan keputusan Ganjar lainnya juga mungkin saja dengan memerhatikan sisi industri nasional dan kepentingan investasi daerah secara khusus.

Arif berpendapat, pertimbangan keputusan Ganjar itu tidak mungkin mengabaikan tahapan proses untuk kegiatan industri di daerahnya.

Beragam syarat pertimbangan yang harus dipenuhi.

Antara lain soal keberlanjutan ekonomi, kehidupan sosial masyarakat dan ekologi.

"Itu bukan hanya pertimbangan persyaratan yang mutlak dilakukan oleh pemerintah daerah. Tapi juga kepada pemerintah pusat dalam pengambilan keputusan untuk kegiatan industri dan investasi perlu mempertimbangkan tiga syarat hal itu," tutur Arif.

Arif menyatakan, ke depannya penting pada semua proses keputusan terlaksananya kegiatan industri dan investasi, seperti Semen Rembang, selalu berkaitan dengan sisi itu.

JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai, sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menerbitkan izin lingkungan PT Semen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News