Soal Kampanye di Kampus, Hasto Pastikan PDIP Tunduk pada Regulasi

Soal Kampanye di Kampus, Hasto Pastikan PDIP Tunduk pada Regulasi
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (22/6). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut parpolnya akan mengikuti aturan yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pelaksanaan kampanye.

Hal itu disampaikan Hasto merespons wacana kampanye d kampus seperti disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari.

"Ya, bagi PDI Perjuangan, kami ini, kan, partai politik peserta pemilu, sehingga kami tunduk pada regulasi yang ditetapkan oleh KPU," kata penyandang gelar doktor dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu dalam konferensi pers secara daring, Kamis (21/7).

Namun, Hasto Kristiyanto mengingatkan ada beberapa tempat yang perlu dijaga netralitasnya dalam pemilu, seperti kampus, markas TNI serta Polri, dan tempat ibadah.

"Kampus menjadi satu tempat yang netral, sama dengan TNI tempat yang netral tidak dilakukan tempat kampanye," ujar pria kelahiran Yogyakarta itu.

Hanya saja, kata Hasto, PDIP akan menghormati keputusan KPU tentang kampanye politik di beberapa tempat.

"PDI Perjuangan sebagai peserta pemilu, mengikuti regulasi dari penyelenggara pemilu dengan disiplin," ungkap anggota DPR RI periode 2004-2009 itu.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan kampanye pemilu boleh dilakukan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi selama memenuhi sejumlah ketentuan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan PDI Perjuangan bakal tunduk pada regulasi kampanye yang dibuat KPU untuk Pemilu 2024. Termasuk kampanye di kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News