Soal Keberanian, Jokowi Disarankan Contoh Ahok

Soal Keberanian, Jokowi Disarankan Contoh Ahok
Soal Keberanian, Jokowi Disarankan Contoh Ahok

jpnn.com - JAKARTA - Keberanian Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama membongkar praktek korupsi DPRD dinilai sebagai gebrakan positif. Tindakan gubernur yang akrab disapa Ahok itu membuktikan bahwa eksekutif tidak bisa seenaknya ditekan oleh parlemen.

Pengamat politik asal CSIS J Kristiadi menilai, keberanian Ahok layak ditiru oleh kepala daerah lainnya. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mencontoh aksi Ahok.

"Ini bisa juga ditiru Jokowi. Jangan ambil keputusan yang terlalu lama dengan pertimbangan macam-macam apalagi takut dengan parlemen. Ambil keputusan cepat walau nanti mendapat perlawanan dari parlemen. Jangan lambat," kata Kristiadi di Jakarta, Kamis (12/3).

Menurut Kristiadi, masyarakat Indonesia saat ini sudah lebih rasional dalam menilai tindakan seorang pemimpinnya. Mereka juga sudah bosan dengan klaim 'wakil rakyat' yang selama ini didengungkan oleh anggota legislatif di parlemen.

Karena itu, eksekutif seharusnya tidak takut dalam mengambil keputusan yang mereka yakini terbaik untuk rakyat. "Kuncinya adalah ketegasan untuk kemaslahatan rakyat dan transparansi. Kalau yakin kebijakannya membela rakyat lakukan saja," ujar Kristiadi.

Lebih lanjut, Kristiadi juga melihat fenomena Ahok sebagai pertanda bahwa masyarakat mulai dewasa dan meninggalkan nilai-nilai primordial. Terbukti, seorang minoritas seperti Ahok mampu mendapat dukungan besar dari masyarakat.

"Jadi rakyat sudah tidak perduli mau itu Tionghoa atau Kristen. Sudah terbukti di Jakarta masyarakat masih dukung Ahok. Tidak ada korelasi ras, suku atau primordial dengan manfaat yang dirasakan masyarakatnya," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Keberanian Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama membongkar praktek korupsi DPRD dinilai sebagai gebrakan positif. Tindakan gubernur yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News