Soal Naturalisasi, Eks Ketum The Jakmania: Sejarahnya Enggak Manfaat

Soal Naturalisasi, Eks Ketum The Jakmania: Sejarahnya Enggak Manfaat
Shin Tae Yong. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu pembina The Jakmania Richard Ahmad Supriyanto turut menyorot rencana naturalisasi yang diserahkan sepenuhnya ke Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Dia menilai PSSI harusnya tegas dan tak mengikuti apa yang diinginkan Shin Tae Yong. Apalagi PSSI mencoba menuruti pelatih asal Korsel itu.

"Bagi saya rencana PSSI dari dulu terkait naturalisasi hanya buang buang waktu dan anggaran saja, dan tidak pernah ada faedahnya," ucap Richard.

Pria yang pernah menjabat Ketua Umum The Jakmania pada  2015-2017 tersebut tak sepakat dan menolak keras rencana itu sedari awal dilemparkan ke publik.

Menurut dia, lebih baik PSSI percaya talenta asli lokal daripada memaksakan pemain asing yang jelas tak ada prestasinya untuk Timnas Indonesia.

"Sebaiknya bina serta manfaatkan potensi pemain-pemain muda asli Indonesia yang tidak kalah juga dengan pemain asing," tutur dia.

Richard pun meminta bukti kepada PSSI apakah ada sejarah prestasi yang ditorehkan oleh pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Sekadar juara AFF saja susah, demikian juga SEA Games  padahal sudah memberikan paspor WNI ke pemain keturunan.

Masih inginkah naturalisasi pemain dilakukan sembari menanti rekomendasi dari Shin Tae Yong?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News