Soal Pembakaran Foto Habib Rizieq, Ini Imbauan Kapitra Ampera untuk FPI

Soal Pembakaran Foto Habib Rizieq, Ini Imbauan Kapitra Ampera untuk FPI
Kapitra Ampera. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapitra Ampera mengatakan pembakaran foto atau poster Habib Rizieq Shihab demonstrasi mengenang peristiwa Kudatuli oleh Gerakan Jaga Indonesia (GJI) yang videonya viral sejak 27 Juli 2020, tak ada kaitan dengan partainya PDI Perjuangan. 

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta kejadian itu tidak dikait-kaitkan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bagi Kapitra, pembakaran foto ulama besar itu merupakan tindakan tidak bermartabat.

Apalagi ada narasi dari peserta aksi yang menyebut Habib Rizieq sebagai pengkhianat.

"Enggak ada Habib Rizieq mengkhianati apa pun. Kalau dia di Mekkah, dia sudah minta pulang tapi tanya tuh kenapa dia tidak bisa pulang? Itu yang harus dijawab pemerintah sebenarnya. Pemerintah harus hadir di mana pun warga negaranya," ucap Kapitra saat berbincang dengan jpnn.com, Kamis (30/7).

Dia memandang bahwa tindakan pembakaran foto Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut sangat tendensius dan menistakan harkat dan martabat Habib Rizieq Shihab sebagai ulama.

"Itu bisa mengganggu stabilitas, bisa jadi trigger instabilitas politik. Kedua, saya juga mengimbau kawan-kawan dari FPI, enggak ada hubungan dengan Jokowi ini. Tidak ada hubungan juga dengan PDIP," tegas Kapitra.

Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat ini menyebutkan bahwa aksi GJI dengan salah satu tokohnya Boedi Djarot, tidak ada kaitan apa pun dengan partai berlambang banteng moncong putih dan presiden.

"Apakah dia pendukung atau apa tidak ada urusan. Tidak semua kegiatan orang-orang itu Pak Jokowi tahu. Jadi jangan dikait-kaitkan lah. Jangan dihubungkan ke sana," pinta Kapitra.

Kapitra Ampera punya permintaan ke FPI terkait pembakaran Habib Rizieq Shibab, saat demonstrasi mengenang peristiwa Kudatuli, 27 Juli 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News