Soal Keturunan PKI Bisa Daftar TNI, Kapitra Minta Jenderal Andika Lakukan Ini

Soal Keturunan PKI Bisa Daftar TNI, Kapitra Minta Jenderal Andika Lakukan Ini
Politikus PDIP Kapitra Ampera menanggapi pernyataan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal keturunan PKI boleh mendaftar sebagai calon prajurit TNI. Foto: ilustrasi/Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera menanggapi langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang mengizinkan anak keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI) mendaftar sebagai prajurit TNI. 

Menurut Kapitra, keputusan Jenderal Andika itu sudah menjadi polemik di masyarakat.

Andika disarankan untuk memberikan narasi yang jelas dan bersifat akademis terkait keputusan tersebut.

"Harus ada suatu konsensus nasional sebenarnya sehingga tidak menimbulkan debatable dan polemik di masyarakat," kata Kapitra kepada JPNN.com, Senin (4/4).

"Harus ada kajian dan persepsi yang jelas, tidak hanya secara hukum, tetapi juga sosial politik," ungkap Kapitra.

Dia sebenarnya setuju dengan keputusan Andika. Sebab, melarang keturunan PKI menjadi anggota TNI itu sama dengan merampas hak asasi orang.

"Harus ada verifikasi. Nah, narasi yang disampaikan panglima kurang. Harus ada tambahan narasi sosial politik sehingga orang tidak salah persepsi," ujar Kapitra.

"Kami juga harus memegang hak-hak dasar masyarakat sebagai manusia, basic human right. Artinya, tidak adil membebankan dosa orang lain kepada seseorang yang tidak melakukannya," ujar Kapitra.

Politikus PDIP Kapitra Ampera menanggapi langkah Panglima Jenderal Andika Perkasa yang membolehkan keturunan PKI untuk jadi calon prajurit TNI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News