Soal Pemimpin Harus Sabar, Ganjar Sepakat dengan Jusuf Kalla

Soal Pemimpin Harus Sabar, Ganjar Sepakat dengan Jusuf Kalla
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

jpnn.com - TEGAL - Calon Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa menjaga emosi.

Ganjar pun sepakat dengan Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla yang menyatakan seorang pemimpin harus bersikap sabar, daripada memperlihatkan sisi emosional ketika menghadapi suatu masalah.

Ganjar mengatakan seorang pemimpin harus menjaga emosi. "Iya, pasti emosinya mesti dijaga, karena kalau pertunjukannya adalah kemarahan, emosi, pasti ada beberapa yang tidak suka," kata Ganjar di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1).

Menurut Ganjar, calon pemimpin harus menampilkan sisi edukatif. Hal itu pun tercermin dalam debat capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

Walaupun ada yang menyebut debat tersebut tidak edukatif, Ganjar tetap menilai debat merupakan cara edukasi politik paling baik.

"(Itu) Umpama. Saya tidak mau mengomong yang lain. Saya mengomong diri saya sendiri," imbuh mantan gubernur Jawa Tengah yang menjabat dua periode itu.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan bahwa alasan dirinya banyak menampilkan data saat debat ketiga capres-cawapres itu supaya masyarakat dapat melihat capaian target dan performa pertahanan tanah air.

Capres berambut putih itu tak mempersoalkan bila ada pihak yang tak percaya data tersebut, selama argumentasi itu benar.

Soal pemimpin harus sabar, Capres Ganjar Pranowo sepakat dengan pernyataan Jusuf Kalla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News