Soal Penanganan Covid-19, Jokowi: Kelihatannya Bapak atau Ibu Tidak Waspada di Sini, Hati-hati

Soal Penanganan Covid-19, Jokowi: Kelihatannya Bapak atau Ibu Tidak Waspada di Sini, Hati-hati
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah memantau terus fluktuasi kasus penularan Covid-19 dalam rangka menjaga keseimbangan gas dan rem antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Dengan dinamika data yang selalu terpantau itu segenap komponen pemerintahan daerah dapat bersiaga, menaruh kewaspadaan, dan berkonsolidasi untuk menekan laju penularan.

Hal tersebut kembali disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengenai penanganan pandemi Covid-19 yang digelar di Gedung Daerah Kepri, Kota Tanjungpinang, Rabu (19/5).

"Kami lihat Kepri, berapa kasus aktif? Agustus tahun lalu masih 362, kemudian masuk Oktober sudah melompat menjadi 1.240. Bisa turun di Februari sampai 192. Tetapi kelihatannya bapak atau ibu tidak waspada di sini, di Februari dan Maret ada kelengahan di situ sehingga April dan Mei sekarang sudah 2.015 kasus. Hati-hati," ujarnya.

Demikian halnya dengan tingkat kesembuhan pasien Covid-19. Seluruh pihak harus bergerak bersama untuk meningkatkan rasio kesembuhan pasien tersebut sehingga dapat mengurangi dan bahkan mencegah adanya korban jiwa dari corona.

Untuk diketahui, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kepulauan Riau masih berada pada angka 83 persen. Sementara itu, rata-rata nasional menunjukkan angka kesembuhan sebesar 92 persen.

"Ini menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita semua. Semuanya harus bergerak agar angka kesembuhan itu bisa diperbaiki sehingga bisa naik terus," kata Jokowi.

Pemerintah daerah harus secara detail melihat angka kasuistik di wilayahnya yang mana membutuhkan perhatian khusus. Di Kabupaten Lingga misalnya, tingkat kesembuhan diketahui masih berada pada angka 32 persen, jauh dari angka kesembuhan Provinsi Kepulauan Riau secara keseluruhan.

Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah memantau terus fluktuasi kasus penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News