Soal Penanganan Pandemi, Jokowi Dinilai Berhasil Sinergikan Kerja Pusat dan Daerah

Soal Penanganan Pandemi, Jokowi Dinilai Berhasil Sinergikan Kerja Pusat dan Daerah
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Staff Ahli Gubernur Aceh, Iskandar Syukri mengatakan salah satu faktor keberhasilan Jokowi dalam penanganan pandemi ini adalah sistem gotong royong antara pusat dan daerah.

Jokowi dinilai berhasil mensinergikan kebijakan antara pusat dan daerah. Hal tersebut membuat pandemi Covid-19 di Indonesia cepat terselesaikan.

“Kebijakan antara pusat dan daerah satu praktik dan satu perbuatan yang dijalankan bahu membahu sehingga persoalan covid-19 dapat kita hadapi bersama-sama,” ujar Iskandar.

Iskandar melihat Jokowi mampu menjadi sosok sentral yang arahannya bisa diikuti oleh pemerintah provinsi hingga kabupaten dan kota.

Seluruhnya satu komando dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

“Pelajaran penting desentralisasi menghadapi covid-19 adalah keserentakan langkah dalam satu komando yang dipimpin Bapak Presiden Jokowi yang kemudian itu diikuti oleh penyelenggara pemerintahan  tingkat provinsi oleh Pak Gubernur, dan kabupaten kota, walikota,” ucap Iskandar.

Iskandar mengatakan semangat gotong royong yang digelorakan Jokowi ini tak hanya menjalar ke tingkat pemerintahan eksekutif.

Namun juga ke seluruh stakeholder hingga masyarakat yang juga turut dilibatkan.

Salah satu faktor keberhasilan Jokowi dalam penanganan pandemi ini adalah sistem gotong royong antara pusat dan daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News